Muhammad Khashaish Rabbani / 54415682 / 3IA5
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
I.Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris (business), dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Pengertian Bisnis menurut Plowman
merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.
Pengertian Bisnis menurut Owen
adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.
Pengertian Bisnis menurut Hunt & Urwick
ialah segala perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan ataupun menyediakan berbagai barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh anggota masyarakat lainnya serta bersedia dan mampu dalam membeli atau membayarnya.
Perusahaan perseorangan
Persekutuan
Perseroan
Koperasi
Pengertian Bisnis menurut L.R Dicksee yaitu suatu bentuk dari aktivitas yang utamanya bertujuan dalam memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakan atau yang berkepentingan di dalam terjadinya aktivitas tersebut.
Bentuk kepemilikan bisnis
Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:
Perusahaan Perseorangan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan.
Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma.
perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
koperasi adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
II.Teknologi Informasi & Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Jika ditinjau dari asal sebuah kata teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, atau techne yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi merupakan sesuatu yang mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Sedangkan Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Menurut Eric Deeson, Harper Collins Publishers, Dictionary of Information Technology, Glasgow,UK,1991 “Information Technology (IT) the handling of information by electric and electronic (and microelectronic) means.” Here handling includes transfer. Processing, storage and access, IT special concern being the use of hardware and software for these tasks for the benefit of individual people and society as a whole” Dari penjelasan tersebut : kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks social yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Bagaimana implikasinya agar dapat menguntungkan secara individual dan masyarakat secara keseluruhan tidak didifinisikan secara lebih khusus.
Information Technology in the National Curriculum, England and Wales, 1995
“Information technology (IT) capability is characterized by an ability to use effectively IT tools an information source to analyse, process an present information, and to model, measure an control external events. This Involve :
· Using information sourcxes and IT tools to solve problems
· Using it tools and information source, sich as computer systems and software packages, to support learning in variety contexts;
· Understanding the implication of IT for working life and society.
Pupils should be given opportunities, where appropriate, to develop and apply their IT capability in their study of National Curriculum subjects.”
Dari penjelasan di atas : nampaknya terdapat acuan kemampuan TIK yang hendak dicapai dan system nilai dalam bekerja pada kehidupan sehari-hari yang hendak dibelajarkan, seperti nilai apa yang perlu dikembangkan dalam suatu system social masyarakat berkenaan dengan kemampuan menggunakan TIK
Menurut Puskur Diknas Indonesia
a. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
i. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
ii. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
b. Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Menurut anatta sannai, Jakarta Indonesia, 2004, Teknologi Informasi dan komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu dalam memperoleh pengetahuan antara seseorang kepada orang lain
III.Bisnis Informatika
·
e -commerce
Perdagangan elektronik (bahasa Inggris: electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
· Software house
Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang software development. Requirement yang dibutuhkan oleh sebuah software house adalah : sistem informasi ini mampu menangani beberapa aspek dasar dalam setiap perusahaan, diantaranya adalah kepegawaian, transaksi project, dan inventaris perusahaan. Software house merujuk kepada sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang melakukan bisnis dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software). Produk yang dihasilkan bisa spesifik untuk client tertentu (seperti aplikasi intranet untuk sebuah company) , atau bersifat umum (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil, dll) yang bisa digunakan oleh banyak client. Pada kategori Software Development pihak customer dapat memilih paket yang disediakan oleh perusahaan yang terdiri dari pembuatan software aplikasi, tutorial dan maintenance. Namun pihak customer dapat tidak memilih paket tersebut yang berarti hanya memesan software aplikasi sehingga biaya yang dikenakan lebih murah. Sedangkan pada kategori Tutorial, hal yang menentukan adalah lamanya kegiatan tutorial dan jumlah peserta tutorial. Lain lagi halnya dengan kategori Riset
Kebutuhan perangkat dan SDM :
- lokasi/tempat sebagai camp kerja, yang membuat betah/nyaman para pegawai di dalamnya
- 3 sampai 4 unit komputer client dengan spesifikasi "powerfull", 1 unit komputer server yang stabil, koneksi internet
- program-program sumber (master installer) yang cukup lengkap untuk instalasi bila sewaktu-waktu diperlukan
- sarana komunikasi pendukung
- sumber bacaan sebagai referensi
Untuk mendapatkan sebuah project/order, bisa dilakukan berbagai macam cara, seperti: melalui rekan/kolega yang berpotensi bisa memberikan project, promosi lewat iklan di media cetak atau internet, hunting project di internet, metode jemput bola (langsung membuat proposal dan penawaran kepada calon client yang berpotensi membutuhkan produk/jasa IT). Bila modal yang ada minim, tetapi kemampuan/skill IT nya mencukupi, cobalah dengan metode "kumpul bareng" sesama SDM IT membuat usaha gotong royong, masing-masing membawa "sumbangan modal" seperti komputer dan lain-lain, sedangkan output dari hasil project bisa diatur seproporsional mungkin yang menyenangkan semua pihak.
· Consultant
Konsultan IT adalah profesi yang berkaitan dengan teknologi informasi atau sistem informasi dan komputer seperti software, hardware, jaringan (network).
· Penjualan perangkat TIK
Perusahaan yang menjual perangkat yang berhubungan dendan teknologi informasi atau sistem informasi dan komputer seperti hardware.
· Pemasangan & Pemeliharaan jaringan computer
Komputer sebagai media untuk menjalankan aplikasi / program IT perusahaan / usaha perlu dirawat untuk selalu berada dalam kondisi optimal. Perawatan komputer yang berkala dan rutin juga berguna untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem IT yang diaplikasikan pada perusahaan / usaha yang dapat berimbas pada menurunnya kinerja instansi secara keseluruhan.Perawatan secara berkala juga bisa menjaga umur hardware secara khusus, yang pada akhirnya akan mampu untuk memperpanjang umur komputer secara keseluruhan.
IV.Perkembangan Bisnis Informatika di dunia dan Indonesia
Pada zaman sekarang perkembangan teknologi informasi terjadi sangat pesat dan tidak bisa dihindari. Sejak komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1955, peradaban dunia mengalami perkembangan informasi yang baru dan cepat yang didukung dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi ini juga sangat mempengaruhi dalam dunia bisnis. Pada saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan teknologi dalam menjalankan bisnis perusahaan tersebut. Penerapan TIK menyebabkan perubahan kebiasaan dalam bidang bisnis salah satunya yaitu E-commerce yang banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk mereka karena hanya dengan menggunakan media internet produk tersebut bisa terjangkau semua kalangan.
Perkembagan TIK yang sangat dirasakan dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia yaitu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan bisnis dengan rekan bisnis mereka yang berada di negara lain saat ini sangat mudah untuk mengatasi kesulitas tersebut yaitu dengan memanfaatkan video conference maupun internet call yang bisa digunakan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Penggunaan video conference ini banyak digunakan di semua industry global.
Selain mempengaruhi pada pengusaha yang mempunyai perusahaan untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya, perkembangan TIK juga sangat berdampak besar terhadap pegawai perusahaan. Pada saat ini pegawai perusahaan tidak perlu memberika lembaran pekerjaan dalam bentuk kertas namun bisa memanfaatkan fasilitas email gratis untuk mengirimkan hasil laporan kerja.
Perkembangan TIK dalam dunia bisnis dapat membantu urusan bisnis lebih ceapt tanpa menggunakan biaya yang begitu besar seperti untuk mengumpulkan para karyawan satu per satu untuk rapat dengan memanfaatkan fitur pada handset ponsel pintar sehingga rapat bisa dilaksanakan dimana saja tanpa harus berkumpul di satu tempat.
Perkembangna bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu factor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut. Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang behubungan erat dengan bidang informatika.
V.Contoh Perusahaan di bidang Bisnis Informatika
Ralali adalah Online B2B Marketplace yang memberikan kemudahan proses transaksi jual-beli melalui teknologi dan fitur yang dapat membantu Seller dan Buyer melakukan proses bisnis lebih mudah, aman, dan transparan. Ralali menghubungkan pembeli, baik korporat maupun individu, dalam menemukan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis dan perusahaan dari ratusan suplayer ternama dan terpercaya.
Didirikan pada tahun 2013, ralali.com adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis, mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Repair and Operation), HoReCa (Hotel, Restaurant & Café), dan lainnya. Kini ralali.com sudah memiliki 10.000 Loyal Customers, lebih dari 1200 vendor, 75.000 produk, dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Ralali.com menyediakan beragam kategori produk mulai dari Automotive Equipment, Electrical, Environmental, GPS, Machine Tools, Medical Devices, Power Tools, Safety Equipment, Sanitary, Test and Measurement, Work Tools, dan Home and Kitchen Appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user.
Produk Ralali bervariasi lebih dari 700 sub kategori seperti Alat Kesehatan, Perlengkapan Laboratorium, Alat Ukur dan Inspeksi, Alat-Alat Pembersih, Peralatan Keselamatan, Peralatan Listrik, Peralatan Otomotif dan lain-lain. Dari 300.000 pengunjung bulanan terakhir, lebih dari 50% dari mereka menggunakan ponsel. Ralali bertujuan untuk menjadi platform B2B terbesar untuk produk MRO di kawasan ini.
Prefensi :